Sabtu, 10 Oktober 2015

STITNU SAKINAH DHARMASRAYA

RENCANA STRATEGIS SEKOLAH TINGGI ILMU TARIBIYAH NAHDLATUL ULAMA (STITNU) SAKINAH DHARMASRAYA I. PENDAHULUAN Bagi dunia pendidikan, perubahan politik, ekonomi, sosial, budaya, ilmu pengetahuan teknologi dan seni merupakan tantangan yang amat kompleks dan saling berkaitan. Dalam menghadapi tantangan global, tugas STITNU Sakinah Dharmasraya semakin berat karena selain harus memenuhi tuntutan lokal dan nasional, juga harus berusaha menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di tingkat regional dan global. Oleh karena itu, pendidikan di STITNU Sakinah Dharmasraya, selain harus mampu memberikan pelayanan pedagogik, keilmuan dan profesionalisme untuk memenuhi kebutuhan individu peserta didik, juga harus mampu memberikan pencerahan bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Untuk menghadapi tantangan tersebut, STITNU Sakinah Dharmasraya harus mengembangkan rencana strategisnya untuk jangka waktu lima tahun, 2012-2017. Rencana tersebut disusun dengan memperhatikan hasil evaluasi pelaksanaan rencana strategis sebelumnya dan hasil-hasil analisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Selanjutnya, dikembangkan kebijakan, sasaran, strategi, program kerja, dan indikator kinerjanya dengan standar mutu nasional. Keseluruhan upaya pengembangan STITNU Sakinah Dharmasraya itu bertumpu pada wawasan kebangsaan dan penghayatan terhadap kemajemukan budaya, dan landasan falsafah kehidupan kampus yang edukatif, ilmiah, dan religius. II. RENCANA STRATEGIS a. Visi Menjadi perguruan tinggi Islam yang unggul dan kompetitif berwawasan Islami. b. Misi Menyenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam rangka membentuk masyarakat Indonesia yang berakhlakul karimah serta mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kepentingan dan kemaslahatan umat manusia. Dari prinsip terbut maka misi STITNU Sakinah Dharmasraya adalah : 1) Meningkatkan kualitas akademik untuk pengembangan keilmuan yang berdasarkan Islam 2) Mengembangkan riset ilmu-ilmu keislaman khususnya pendidikan Islsam. 3) Melakukan praktek di masyarakat dalam rangka memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat. 4) Meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara berkelanjutan. c. Tujuan 1) Tujuan umum Tujuan umum didirikannya STITNU Sakinah Dharmasraya adalah sejalan dengan tujuan pendidikan nasional, yaitu mencesdaskan kehidupan bangsa dan mambangun manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbuhi luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta bertanggungjawab terhadap masyarakat dan bangsa. 2) Tujuan khusus a) Membentuk mahasiswa yang mempunyai kecerdasan spritual, kekuatan emosional, integritas intelektual yang bertanggung jawab. b) Membentuk mahasiswa yang terampil melalui proses belajar mengajar yang dinamis, aktual, terbuka dan objektif. c) Menumbuhkan kepribadian mahasiswa yang peduli dan mampu memberikan solusi terhadap masalah-masalah yang berkembang di masyarakat. d) Bersama masyarakat dalam membangun daerah yang berbudaya serta respon terhadap perubahan ke arah kemajuan. PRIORITAS PENGEMBANGAN LIMA TAHUN KE DEPAN 1. Arah Pengembangan a). Penampilan (performance) fisik 1). Bersih, rapi dan indah 2). Dinamis artistik serta dihuni oleh orang-orang terpilih yang selalu mendekatkan diri kepada Allah. 3). Dihuni oleh orang yang memiliki kepekaan tinggi terhadap sesama manusia dan alam lingkungannya, terpercaya dan menjadi tauladan bagi masyarakat. b). Kelembagaan 1). Memiliki tenaga akademik yang handal dalam pemikiran, penelitian dan berbagai macam aktifitas ilmiah. 2). Mewakili tradisi akademik yang mendorong lahirnya kewibawaan akademik bagi seluruih aktifitas akademik. 3). Memiliki manajemen yang kokoh yang mampu menggerakkan seluruh potensi untuk mengembangkan kreatifitas civitas akademika. 4). Memiliki kemampuan antisipatif masa depan dan bersikap pro aktif. 5). Memiliki pemimpin yang mampu mengakomodasikan seluruh potensi yang dimiliki menjadi kekuatan penggerak lembaga secara integral. c). Profil Dosen STITNU Sakinah Dharmasraya 1). Selalu menampakkan diri sebagai seorang mukmin dan muslim di mana saja ia berada. 2). Meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan agama Islam. 3). Menjadikan ajaran dan etika agama Islam sebagai landasan seluruh aktifitas. 4). Menjadikan dirinya sebagai tambatan bagi pengamalan agama Islam yang berwawasan keindonesiaan. 5). Melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar secara professional dan fungsional. 6). Membudayakan ajaran Islam melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam kehidupan sehari-hari. 7). Memiliki wawasan keislaman yang luas dan profesionalisme serta menjunjung tinggi otonomi keilmuan. 8). Berdisiplin tinggi dan selalu mematuhi kode etik profesi. 9). Memiliki kemampuan penalaran dan ketajaman berfikir ilmiah seta menjunjung tinggi kebebasan akademik. Selain itu, dosen STITNU Sakinah Dharmasraya juga diharapkan memiliki kemampuan dan prestasi akademik sebagi berikut: 1). Bersertifikasi akademik puncak (Doktor). 2). Berjabatan akademik tertinggi (Guru Besar). 3). Berkarya dan berproduk akademik tinggi sehingga tulisan-tulisannya dijadikan acuan secara luas. 4). Berwibawa akademik tinggi yang diakui secara luas, yang ditandai dengan ketinggian frekuensi keterlibatannya dalam forum-forum ilmiah. 5). Memiliki kedekatan dengan mahasiswa karena ilmuannya. d). Profil Pegawai STITNU Sakinah Dharmasraya 1). Selalu menampakkan diri sebagai seorang mukmin dan muslim dimana saja ia berada. 2). Bersikap dan berperilaku jujur, disiplin, amanah dan berakhlak mulia. 3). Meningkatkatkan pemahaman, penghayatan, pengalaman ajaran Islam. 4). Memiliki profesionalisme yang tinggi dalam melaksanakan tugas keadministrasian dan mencintai pekerjaan. 5). Selalu mendahulukan kepentingan orang lain di atas kepentingan pribadi dan ikhlas. 6). Mengembangkan rasa kenersamaan sebagai warga kampus. 7). Menciptakan suasana kampus yang mantap, sejuk dan dinamis. 8). Mengembangkan sikap berprasangka baik. 9). Mengembangkan sikap tenggang rasa, tidak semena-mena, sabar dan akomodatif dalam memberikan layanan. e). Profil Mahasiswa STITNU Sakinah Dharmasraya 1). Selalu berpenampilan sebagai calon pemimpin umat, yang ditandai dengan kesederhanaan, kecerdasan, kerapian dan penuh percaya diri. 2). Selalu mencerminkan seorang yang memiliki kemantapan akidah dan kedalaman spiritual, keluhuran akhlak dan kedalaman ilmu. 3). Mengembangkan dan menjunjung tinggi kebebasan akademik secara bertanggungjawab yang berorientasi kepada wawasan etik dan mengacu kepada kepentingan nasional. 4). Mengembangkan sikap ilmiah, seperti jujur dalam menyampaikan pendapat, menghargai pendapat orang, terbuka dan obyektif. 5). Mengembangkan sikap tenggang rasa dan tidak semena-mena. 6). Haus dan cinta ilmu pengetahuan serta berdisiplin tinggi. 7). Memiliki kepekaan terhadap permasalahan lingkungan dan dewasa dalam menyelesaikan persoalan. 8). Menjadikan ajaran dan etika agama Islam sebagai landasan seluruh aktifitas. 9). Mau belajar dalam berbagai bidang profesi yang bermanfaat bagi kehidupan modern f). Profil Alumni STITNU Sakinah Dharmasraya 1). Terpercaya kualitasnya. 2). Memiliki integritas imtaq, iptek dan akhlak. 3). Mampu memiliki lapangan kerja di sektor-sektor modern. 4). Memiliki potensi yang dinamis. 5). Memiliki jiwa kejuangan dan mandiri 6). Mampu berkomunikasi dan bekerjasama. Arah rencana pengembangan tersebut, digunakan sebagai pedoman penyusunan program kerja pengembangan STITNU Sakinah Dharmasraya dalam jangka waktu 5 tahun mendatang dan selanjutnya dalam 25 tahun berikutnya. Sedangkan arahan penanganan bidang-bidang maupun sub bidang di atas, bertujuan untuk merealisir pengembangan yang telah direncanakan. 2. Tahap-tahap Pengembangan Program pengembangan STITNU Sakinah Dharmasraya pada 5 tahun pertama merupakan jangka pendek (2013/2014 s/d 2018/2019) yang meliputi empat bidang pengembangan yaitu: bidang pendidikan dan pengajaran, bidang penelitian, bidang pengabdian masyarakat, bidang fisik dan sumber daya manusia (SDM). a. Bidang Pendidikan dan Pengajaran Program pengembangan di bidang pendidikan dan pengajaran, sesuai dengan komposisinya masing-masing bertujuan untuk: 1) Pemantapan sistem pendidikan Dalam upaya memantapkan sistem pendidikan, diharapkan dapat: a) Tercapainya struktur organisasi pengelolaan program studi yang mantap dan terkoordinir, serta efisien. b) Tercapainya mekanisme pengelolaan program studi yang dinamis, efektif dan efisien. c) Terwujudnya pedoman yang mencerminkan kesesuaian antara persyaratan mata kuliah dan kemampuan mahasiswa. d) Optimalisasi bimbingan kepenasehatan yang memadai bagi para mahasiswa, sehingga efisien dan terarah proses belajarnya. e) Tercapainya hubungan fungsional yang merupakan suatu rantai kebulatan antara unsur-unsur pengelola, dosen pembina mata kuliah dan pelaksana program. f) Tersusunnya kurikulum yang mantap dan mencerminkan ahli dalam bidang ilmu tertentu. g) Pencapaian keseimbangan setara pengetahuan teoritis dan praktis dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat. h) Tercapainya pengadaan konsepsi stuktur program dan pemantapan penyelenggaraannya. i) Tercapainya seluruh mata kuliah dalam struktur program, kepada uraian singkat mata kuliah dan uraian terinci mata kuliah dalam struktur program. j) Tercapainya kejelasan ruang lingkup pokok bahasan dari berbagai mata kuliah untuk menghindari pembahasan yang tumpang tindih. 2) Pembinaan Mahasiswa dalam Bidang Akademik Program pengembangan pendidikan dan pengajaran dalam komponen mahasiswa, tidak bisa lepas dari potensi besar dasar input, yang dalam hal ini adalah calon mahasiswa. Untuk pembinaan mahasiswa diarahkan pada: a) Pemenuhan input mahasiswa, baik segi kuantitas maupun kualitasnya, memiliki motivasi kuat, untuk menjadi tenaga ahli di bidang ilmu-ilmu keislaman, manajemen pendidikan Islam, ekonomi syariah, hukum Islam, dan teknologi serta berkualitas akademik yang tinggi. b) Secara berangsur-angsur dan pasti, dalam jangka waktu 5 tahun mendatang, jumlah mahasiswa ditargetkan mencapai 200 orang, untuk memenuhi target tenaga ahli di bidang manajemen pendidikan Islam, ekonomi syariah dan hukum Islam yang santun dan berintegritas tinggi. c) Dalam 5 tahun mendatang, diharapkan dapat menghasilkan lulusan dalam jumlah 100 sarjana (S1), dengan kualitas yang baik dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. d) Terjalinnya hubungan yang erat antara almamater dengan alumni, dan tercapainya mekanisme pembinaan alumni. e) Tersalurnya informasi kepada para alumni, mengenai kesempatan kerja, sesuai dengan profesi dan peluang kerja yang ada. 3) Peningkatan Tenaga Pengajar (Dosen) a) Mendapat calon tenaga pengajar (dosen) yang mempunyai integritas pribadi dan berkemampuan akademis yang tinggi dengan mencapai tingkat kesarjanaan yang paling tinggi (doktor). b) Mendapatkan angka riil kebutuhan tenaga pengajar setiap tahun untuk memenuhi pengembangan jumlah mahasiswa dan program studi (10:20) c) Tercapainya keseimbangan dan keselarasan antara tugas mengajar, penelitian, pengabdian pada masyarakat, pembinaan dan pengembangan lembaga keagamaan Islam lainnya. d) Terpenuhinya beban mengajar tiap dosen sebagai tugas pokok 12 (dua belas) sks. 3. Konsep Pengembangan a. Sistem Pendidikan dan Pengajaran 1). Mengembangkan struktur organisasi pengelola program studi berdasarkan peraturan yang berlaku. 2). Mengembangkan peraturan-peraturan pelaksana penyelenggaraan kurikulum program studi. 3). Memantapkan struktur kurikulum dengan mengacu pada empat tuntutan, yaitu: kemantapan akidah dan kedalaman spiritual, keagungan akhlak atau moral, keleluasaan ilmu pengetahuan/ kekokohan intelektual dan kematangan professional. 4). Menggunakan sarana dan prasarana yang optimal dengan bekal sarana dan prasarana yang ada untuk mencapai studi secara menyeluruh. 5). Mengadakan supervisi pelaksanaan sistem kredit smester (sks) dan pendayagunaan sistim sarana dan prasarana yang diperlukan. 6). Pengembangan pedoman terinci yang jelas memberikan petunjuk-petunjuk proses perencanaan studi. 7). Mengadakan rekaman dan penilaian komprehensif terhadap kurikulum yang berlaku sekarang, dalam rangka penyempurnaan dan pemantapan pelaksanaannya, termasuk kuliah bahasa. 8). Menyelesaikan dan menata kembali sistim penyampaian bahan pelajaran, evaluasi kemajuan belajar dan sarana belajar. 9). Menyempurnakan silabi mata kuliah. 10). Menambah dan mendayagunakan tata ruang dalam rangka memungkinkan terselenggaranya proses belajar mengajar yang efektif. 11). Mengembangkan hubungan kerja sama antara program studi dengan dengan lembaga-lembaga praktik seperti : sekolah/madrasah/ pesantren, bank, perusahaan, pengadilan agama/pengadilan negeri, pemerintah daerah dan stakeholders lainnya. 12). Menyusun buku manual tentang penyusunan instrumen test dan pengembangan bank soal. b. Pembinaan mahasiswa dalam bidang akademik 1). Penyebaran informasi secara intensif tentang visi, misi, tujuan program dan sistim kependidikan di STITNU Sakinah Dharmasraya 2). Mengembangkan sistem saringan yang memadai dengan melalui testing dan Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK). 3). Menjalin kerjasama antara STITNU Sakinah Dharmasraya dengan perguruan tinggi sejenis dalam rangka pemantapan kualitas mutu. 4). Meningkatkan efisiensi internal dan eksternal pendidikan. 5). Membentuk wadah dan sistem pembinaan alumni. c. Peningkatan Tenaga Dosen 1). Intensifikasi tenaga pengajar melalui program pascasarjana (S2 dan S3). 2). Mengadakan perencanaan kebutuhan tenaga pengajar dalam jangka lima tahunan. 3). Menyempurnakan sistem saringan dan pembibitan serta pencangkokan calon tenaga dosen yang memadai. 4). Menyediakan ruang kerja bagi tenaga pengajar dalam rangka melancarkan pelaksanaan beban tugas mereka. 5). Meningkatkan keterampilan tenaga pengajar dalam proses belajar mengajar melalui up grading, diskusi, seminar, FGD, lokakarya dan lain-lain. 6). Penambahan dan pendayagunaan tenaga pengajar dalam rangka terselenggaranya proses belajar yang maksimal. 7). Meningkatkan tenaga pengajar dalam rangka penyusunan tes yang valid, teknik scoring dan analisanya melalui penataran, up grading, lokakarya, dan sebagainya. 8). Meningkatkan mutu para dosen pembina dan guru pamong dalam pengelolaan lapangan terus menerus dan berencana dengan melalui penataran, work shop, atau lokakarya. 4. Program Pengembangan Bidang Pendidikan dan Pengajaran. a. Skala Prioritas Program Pengembangan 1. Pengembangan struktur organisasi pengelola program studi berdasarkan PP No. 60 Tahun 1999 diharapkan selesai tahun 2014. 2. Merekam dan mengadministrasikan penyelenggaraan bank soal. 3. Penyusunan buku petunjuk (manual), penyusunan instrumen test dan pengembangan bank soal diharapkan selesai dalam tahun 2014. 4. Mengembangkan pedoman kegiatan kepenasehatan mahasiswa (academic advisor) selesai tahun 2015. 5. Pengembangan sarana dan prasarana fisik sebagai berikut: - Ruangan kuliah 12 lokal selesai tahun 2016 - Kantor pimpinan program studi, selesai tahun 2014 - Kantor administrasi program studi, lembaga penelitian, dan lembaga pengabdian masyarakat selesai tahun 2014 6. Pengembangan perpustakaan. a. Mencapai 2.500 judul selesai 2016 b. Mencapai 5.000 judul selesai 2019 b. Pembinaan Mahasiswa Bidang Akademik. 1. Menyebarkan informasi secara intensif tentang visi, misi, tujuan program dan sistem pendidikan serta sarana, kepada sekolah-sekolah SMU/SMK, MAN/MAS/MAK dan pondok pesantren, secara terus menerus dilakukan dalam tahun 2014-2019. 2. Menjalin kerjasama dengan kementerian lain di luar kementerian agama dalam rangka pengadaan tenaga bidang manajemen pendidikan Islam, ekonomi syariah, dan hukum Islam secara berkelanjutan. 3. Memenuhi kebutuhan tenaga administrator pendidikan, perbankan syariah dan hukum Islam pada instansi pemerintah maupun swasta. 4. Membentuk wadah dan sistem pembinaan kemahasiswaan dan alumni, melalui seminar, diskusi, lokakarya dan sebagainya. c. Peningkatan Tenaga Pengajar (Dosen) 1. Intensifikasi tenaga pengajar melalui program pascasarjana (S-2 dan S-3) 2. Mengadakan perencanaan kebutuhan tenaga pengajar dalam jangka lima tahun, diharapkan selesai tahun 2016. 3. Meningkatkan dan menyempurnakan sistem saringan dan pembibitan calon tenaga pengajar yang memadai. 4. Mengembangkan perencanaan kegiatan untuk memberikan kesempatan bagi tenaga pengajar untuk lebih berprestasi. 5. Menyediakan ruang kerja dosen yang representatif dalam rangka peningkatan kelancaran tugas dosen, diharapkan terealisis tahun 2015. 6. Penambahan dan pendayagunaan tenaga pengajar dalam bidang: a. Pengelolaan instrumen test yang valid, teknik scoring dan analisa hasil, diharapkan selesai tahun 2015. b. Pengelolaan cara belajar mahasiswa. 7. Menyelenggarakan penataran, lokakarya, workshop, dalam rangka meningkatkan mutu dosen pembimbing dan guru-guru pamong, dalam pengelolaan praktek lapangan tiap tahun. III. ANALISIS SWOT Untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman STITNU Sakinah Dharmasraya secara komprehensif diperlukan kejujuran dan kejelian serta ketajaman analisis dalam mencermati lima komponen utama yang dijadikan indikator kelayakan program (five thershold indicators). Kelima indikator kelayakan tersebut adalah sumber daya manusia, pengelolaan, program, infrastruktur, sistem informasi dan pembiayaan program. Kelima unsur tersebut secara objektif harus dinilai melalui analisis SWOT yang bertumpu pada sejauh mana relevansi program, iklim akademik, komitmen institusi, keberlanjutan program dan efesiensi pelaksanaan program dalam merealisasika visi dan misi program. A. Kekuatan 1. Memiliki visi, misi, tujuan dan strategi pencapaian yang jelas dan terukur. 2. Memiliki finansial yang cukup untuk pembiayaan lembaga. 3. Tenaga dosen tetap yang direkrut secara profesional. 4. Kampus berada pinggir jalan lintas sumatera dan mudah dijangkau. 5. Kampus memiliki lapangan futsaang dapat dipergunakan sebagai tempat pengembangan kegiatan ektrakurikuler. 6. Bekerjasama dengan organisasi Nahdalatul Ulama Dharmasraya dan Wanita Islam Dharmasraya. B. Kelemahan 1. Jumlah koleksi judul dan eksemplar buku pustaka yang kurang memadai. 2. Infrastruktur STITNU Sakinah yang butuh peningkatan mutu dan penambahan C. Peluang 1. Jumlah SMU/SMK/MA diwilayah kabupaten Dharmasraya dan sekitarnya, merupakan potensi yang cukup besar bagi pangsa pasar STITNU Sakinah Dharmasraya. 2. Komitmen pemerintah daerah kabupaten Dharmasraya sebagai kabupaten termuda di Sumatera Barat untuk mempercepat tingkat perkembangan SDM berkualitas, sehingga mampu sejajar dengan Kabupaten/kota lainnya di Sumatera Barat. D. Ancaman 1. Persaingan global, perkembangan ipteks menuntut ketersediaan fasilitas pendidikan berstandar internasional, kesiapan SDM, dan sistem manajemen yang handal. 2. Modernisasi, liberalisasi, dan kapitalisasi dunia bisnis yang bersifat global menuntut Yayasan Sakinah Dharmasraya untuk dapat mengembangkan bisnis yang bersifat nirlaba untuk mendukung kapasitas dan kapabilitas STITNU Sakinah Dharmasraya. 3. Munculnya perguruan tinggi yang dikelola dan didukung oleh manajemen yang kuat dari pihak asing dengan program-program kompetitif dalam merespons tuntutan pasar kerja dan penciptaan lapangan kerja secara langsung dapat memperlemah daya saing STITNU Sakinah Dharmasraya, baik dalam hal penerimaan jumlah mahasiswa pendaftar program kependidikan maupun dalam pengembangan program non-kependidikan IV. PENUTUP Rencana Strategis STITNU Sakinah Dharmasraya tahun 2014-2019 merupakan dasar pengembangan rencana kegiatan dan anggaran tahunan seluruh unit kerja di lingkungan STITNU Sakinah Dharmasraya. Rencana Strategis ini selanjutnya dijabarkan ke dalam rencana operasional sebagai rujukan dalam penyusunan kegiatan setiap unit kerja di lingkungan STITNU Sakinah Dharmasraya, dan dilengkapi dengan indikator kinerja sebagai dasar untuk mengevaluasi keberhasilan dan/atau ketidakberhasilan pelaksanaan program dan kegiatan. Dalam hal terjadi perubahan lingkungan strategis yang tidak terduga, sehingga kebijakan dan program yang telah dirumuskan dalam rencana strategis menghadapi kendala untuk dilaksanakan, maka pimpinan STITNU Sakinah Dharmasraya dapat melakukan perubahan dengan persetujuan Yayasan Sakinah. Berhasilnya implementasi renstra ini sangat tergantung pada pemahaman, kesadaran, keterlibatan dan upaya sungguh-sungguh dari segenap unsur dalam lingkungan STITNU Sakinah Dharmasraya, serta dukungan pemerintah dan masyarakat. Keberhasilan pelaksanaan renstra ini juga menjadi harapan nyata bagi pembangunan pendidikan dan pembangunan masa depan generasi bangsa. Bagi segenap sivitas akademika STITNU Sakinah Dharmasraya hanya tersedia satu jalan lurus untuk mencapai cita-cita luhur yang digariskan dalam renstra ini, yaitu bekerja keras dan sungguh-sungguh seraya berdoa kepada Allah SWT. Dharmasraya, 1 Februari 2014 STITNU SAKINAH DHARMASRAYA Ketua, Dr. H. Adirozal, M.Si.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar